Senin, 26 Desember 2016

Mengenal Boxing Day Di Sepakbola Inggris

Beberapa fakta menarik tentang Boxing Day di Inggris.

BANDAR BOLA ONLINE - Tidak terasa suasana Natal segera tiba, tetapi sepakbola Inggris sepertinya tidak mengenal yang namanya libur Natal dan Tahun Baru di setiap musimnya. Justru di periode inilah, pertandingan di Liga Inggris semakin padat dan pastinya sangat menyita fisik dan mental dari para pelaku sepakbola di Inggris.
Setiap musimnya, tepay sehari setelah Natal atau tepatnya pada tanggal 26 Desember, laga Boxing Day akan dimainkan di kompetisi sepakbola Inggris di setiap tingkatan. Meskipun banyak pihak yang mengkritik kebijakan ini, tetapi faktanya laga Boxing Day selalu menyajikan berbagai pertandingan menarik dan tidak jarang banyak kejutan terjadi sama seperti kejutan di hari Natal. Berikut ini adalah beberapa fakta dan hal-hal unik dari Boxing Day di Inggris.
*Istilah Boxing Day sendiri diambil pada abad ke-19 dimana ketika itu Boxing Day dirayakan untuk menghormati atau menghargai rakyat kelas menengah ke bawah di Inggris Raya dalam masa satu tahun melayani majikannya.
*Perayaan Boxing Day di sepakbola, bukan berarti sepakbola diliburkan, tetapi malah tetap dimainkan dengan tujuan untuk menghibur warga yang sedang menikmati masa liburannya.
*Sheffield FC dan Hallam FC menjadi klub tertua di dunia yang pertama kali melakukan pertandingan di Boxing Day. Sheffield berhasil menang 2-0 di laga itu dan sayangnya saat ini klub Sheffield FC sudah menjadi klub yang bermain di kasta non-liga.
*Kemudian tradisi Boxing Day terus dimainkan tepat pada hari Natal, 25 Desember dan berlanjut hingga tahun 1957/1958 yang kemudian dihentikan.
*Laga Boxing Day paling subur terjadi di musim 1963/1964 dimana kala itu kompetisi tertinggi di Inggris masih bernama divisi 1 hingga divisi 4 berhasil total mencetak 157 gol dari 39 laga. Skor paling mencolok terjadi antara laga Fulham vs Ipswich Town dimana skor berakhir dengan 10-1 dan ada tercatat ada tujuh pemain yang berhasil mencetak hat-trick dari 39 laga itu.
*Rekor penonton terbanyak dalam laga Boxing Day di divisi ketiga sepakbola Inggris masih dipegang oleh pertandingan derby antara Sheffield Wednesday kontra Sheffield United di stadion Hillsborough yang mencapai 49 ribu penonton.
*Duel resmi Boxing Day di ajang liga mulai dimainkan pada musim 1888/1889, tepatnya di pekan ke-22 Football League dimana Preston North End dan Derby County menjadi pelakunya. Preston berhasil menang 5-0 di laga itu.
*Untuk era EPL sendiri, Manchester United masih tercatat sebagai raja Boxing Day dimana dari 22 laga mereka selama ini, Red Devils berhasil mengunci kemenangan sebanyak 22 kali, imbang dua kali dan kalah cuma dua kali, diikuti oleh Arsenal dan Coventry City di belakangnya.
*Burnley, Hull City dan Swansea City tidak pernah menang di Boxing Day karena mereka memang tidak berpengalaman bertanding di Boxing Day.
*Rasio kemenangan terendah di laga Boxing Day era EPL dipegang oleh Everton yang hanya mencatat rasio 27,3 persen dari 22 laga sejauh ini.
*Robbie Fowler merupakan top skorer sepanjang masa Boxing Day dengan 9 golnya. Dia melakukannya bersama tiga klub berbeda yaitu Leeds United, Manchester City dan Liverpool pastinya.
*Jermain Defoe merupakan pemain aktif yang tertajam yang masih bermain di Boxing Day musim ini dimana dirinya sudah mencetak enam gol sepanjang keikutsertaannya.
*Suporter West Ham akan melakukan perjalanan paling jauh untuk laga Boxing Day musim ini dimana mereka akan menempuh jarak sejauh 231 mil untuk sampai ke kandang Swansea City.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar