Minggu, 01 Januari 2017

Mitos Ayam Dalam Dunia Mistis

Mitos ayam dalam dunia mistis.

SABUNG AYAM ONLINE - Ayam dalam kehidupan manusia sehari-hari ternyata bukan hanya untuk dijadikan bahan olahan makanan yang lezat dan nikmat, tetapi ayam juga mempunyai kegunaan dalam dunia mistis. Selain digunakan untuk persembahan sebagai tumbal kepada roh-roh para leluhur, penolakan santet, untuk mengusir roh halus, bahkan terkadang juga digunakan untuk upacara kematian, kelahiran maupun perkawinan.
Ayam cemani hitam dipercaya bisa menangkal musibah
Ayam cemani hitam dipercaya bisa menangkal musibah.
Kepercayaan manusia terhadap kegunaan ayam dalam dunia mistis bahkan dapat dilihat dari ketika jalan tol Jakarta-Cikampek terjadi kecelakaan, maka akan diberikan tumbal darah ayam cemani hitam. Darah dari ayam cemani hitam ini dipercaya bisa menjauhkan kita dari marabahaya di kemudian hari. Di tahun 90-an misalnya di pulau Jawa masih sering kita lihat sesajen yang diletakkan diatas baru besar dan terdapat pohon beringin yang besar di depannya, dan diletakkan bermacam-macam makanan yang diolah dari ayam.
Banyak juga isu soal ayam bisa juga digunakan untuk menyantet orang sebagai salah satu syaratnya. Ada beberapa alasan kenapa ayam sering dikaitkan dengan dunia mistis.
1.Sebagai simbol jati diri
Dalam masyarakat Jawa, ayam adalah simbol kekuasaan. Jika ayam jago berwarna kemerahan, kekuningan atau kehitaman maka bisa diartikan ayam tersebut bisa memberikan kekuatan mistis tertentu. Merah bisa berarti keberanian, kuning bisa berarti keemasan dan hitam bisa sebagai simbol kesetiaan, keperkasaan dan misterius.
2.Sebagai persembahan atau tumbal
Apabila ingin melakukan negosiasi dengan makhluk halus penghuni tempat tertentu, maka sesajen berupa makanan seperti nasi, ayam, kue-kue kacang menjadi hal yang wajib untuk mengabulkan permohonan kita dan biasanya bisa juga ditambahkan kembang tujuh rupa atau bunga-bungaan
3.Pertanda alam
Kepercayaan ini sangatlah kuat bahkan untuk orang di jaman modern sekalipun. Korelasi ayam dengan hal-hal mistis memang menjadi hal yang wajar. Bahkan saking besarnya kekuatan magis ayam dalam kehidupan manusia sehingga bisa juga dijadikan pertanda alam. Jika seorang bayi lahir dan pada saat bersamaan suara kokok ayam terdengar nyaring, dipercaya bayi tersebut kelak akan menjadi sosok yang tangguh dan bisa menjadi pemimpin. Tetapi jika ayam betina berkotek, maka bayi yang lahir kemungkinan bisa hasil dari hubungan gelap.
4.Makna suatu peristiwa
Kenapa ayam selalu dihadirkan dalam upacara perkawinan atau selamatan, karena pastinya mempunyai makna-makna tertentu. Misalnya pada upacara selamatan tujuh bulan setelah bayi lahir, ayam jago akan menjadi bagian dari upacara ritual dimana jika bayi tersebut laki-laki maka akan dimasukkan ke dalam sangkar ayam bersama seekor ayam jantan dan jika perempuan maka akan dimasukkan seekor ayam betina. Ayam akan dipelihara dengan maksud si bayi bisa panjang umur dan sehat.
5.Bisa dijadikan bahan obat-obatan
Seorang pakar ahli pengobatan asal Cina, Kwan Tie Hsiang juga mengakui kalau ayam memiliki khasiat dalam pembuatan obat. Bahkan jika ayam kampung dimasak dengan sedikit arak dan dicampur dengan 9 ramuan lainnya akan berkhasiat menambah ASI dan memulihkan kekuatan seorang ibu sesudah melahirkan.
6.Dekat dengan manusia
Kwan Tie Hsiang juga mengatakan kalau mistik ayam terhadap kehidupan manusia sangatlah kentara, misalnya jika dari shio (sebenarnya semua shio bisa memberikan keberuntungan kecuali shio tikus, kelinci dan ayam), disarankan orang yang ber-shio tersebut tidak memelihara ayam karena bisa mengurangi keberuntungan dan bisa juga mendapatkan kesialan.
Ternyata ayam bukan hanya bisa digunakan untuk sabung ayam, tetapi juga memiliki arti kehidupan mistis untuk manusia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar